(Essay SasuSaku Indonesia) Alasan Mengapa Aku Mendukung SasuSaku

Essay SasuSaku Indonesia.

Warning: Don’t like don’t read ^_^ #plak! Artikel ini ditulis MENURUT PANDANGAN SANG PENULIS yang notabene adalah SASUSAKU LOVERS. Sebagai shipper, bisa ditebak penulis pasti ambil sisi positif dan setiap celah yang ada sebagai harapan. Mungkin ada beberapa yang dianggap lebay, tapi jangan abaikan segala QUOTES yang penulis sisipkan dari MASASHI KISHIMOTO-nya sendiri :)

Moshi-moshi minna-san. Pasti pada tahu dong anime Naruto? Bagi pembaca yang tahu anime Naruto juga pasti tahu dong siapa itu Uchiha Sasuke dan Haruno Sakura? Yup. Uchiha Sasuke dan Haruno Sakura adalah rekan setim Uzumaki Naruto dalam tim tujuh yang dinaungi oleh Hatake Kakashi. Semua pasti tahu kalau ada cinta segitiga di antara tim tujuh. Yakni, Naruto yang menyukai Sakura, Sakura yang menyukai Sasuke, dan Sasuke… umm, ada yang tahu Sasuke suka sama siapa?

Sasuke itu menyukai Sakura, maka :

Sasuke dan Sakura saling menyukai.

Orang salah menilai bila mengatakan SasuSaku itu one-sided alias bertepuk sebelah tangan, banyak yang mengira hanya Sakura yang menyukai Sasuke dan Sasuke tidak. Kutekankan sekali lagi, SasuSaku bukan one-sided, karena mereka saling menyukai. Baiklah, mungkin ada beberapa yang mendumel dalam hati karena belum setuju dengan statement-ku.  Maka dari itu aku akan jabarkan apa yang kudapat selama mengamati dan mengagumi pairing yang sangat angsty ini, SasuSaku.

Harap diperhatikan, apa yang kutulis ini kudapatkan dari hasil pengamatanku sendiri, juga berbagai sumber, seperti di grup SasuSaku Lovers di facebook, dimana di sana ada beberapa anggota yang cukup analisis untuk berbagi hints SasuSaku. Sebelumnya aku tidak pernah membaca essay SasuSaku yang telah ada, karena aku merasa itu tidak perlu. Aku membaca essay sebuah pairing kalau aku meragukan pair tersebut, seperti misalnya dulu aku pernah baca SasuKarin, secara tidak sengaja.

Oh ya, maaf kalau penulisanku berantakan, namanya juga masih belajar :) kalau ada yang mau bantu merapihkan essay-ku ini, email aku ya :) dengan senang hati aku mau sekali dibantu.

Oke, langsung saja.

Untuk Haruno Sakura yang mencintai Uchiha Sasuke, sepertinya tidak perlu aku jabarkan, ya? Sudah jelas, bukan, kalau Sakura itu mencintai Sasuke? Yang sering diperdebatkan oleh para haters adalah perasaan Sasuke terhadap Sakura. (Walau pun ada lagi yang mendebatkan kalau Sakura itu jelek, tidak berguna, menyebalkan, mengganggu, tidak setia kawan dan lain sebagainya. Untuk bahasan itu akan kulakukan pembelaan di lain artikel yang berjudul “The Best Kunoichi, Haruno Sakura”)

Sebelumnya, mari kita coba untuk mengenal lebih jauh seperti apa karakter Uchiha Sasuke, untuk menghindari kesalahpahaman di antara kita.

Sasuke, awal debutnya di manga Naruto, ia digambarkan sebagai pribadi yang pendiam.

Masashi Kishimoto sendiri pernah menulis di databook-nya, kalau Sasuke adalah pribadi yang tenang atau stay cool, bukan dingin seperti apa yang orang-orang salah artikan. Karena wajahnya yang tampan, sifatnya yang cool, dan kejeniusannya sebagai pemula di akademi, banyak yang tergila-gila dengannya termasuk Haruno Sakura.

Sakura bukan benar-benar fangirl-nya Sasuke.

Ada suatu kilas balik, bersetting pre-akademi, dimana menceritakan Sakura yang berlari ke arah teman-temannya, sambil berkata, “Teman-teman… aku sedang jatuh cinta!”

Lalu salah satu temannya menjawab malas, “Siapa? Jangan bilang itu Sasuke.”

“Lho, kok kalian tahu?”

Di situ, satu kesimpulan bisa kita tarik. Bahwa, Haruno Sakura sudah menyukai Sasuke sebelum ia mengetahui Sasuke adalah cowok populer. Saat baru masuk akademi, baru deh dia ikut-ikutan teriak-teriakin nama Sasuke, padahal awalnya hanya suka secara diam-diam. Yah, namanya juga masih bocah wajar aja ikut-ikutan jadi begitu. Heheu. Rada sebel aja kalau ada yang ngatai Sakura ‘cuma fangilr-nya Sasuke’. Padahal sebelum bergabung di kesatuan(?) fangirlnya Sasuke, Sakura kan sudah suka duluan.

Sasuke tidak pernah merasa keberatan ditempelin Sakura.

Sakura sering dibilang annoying alias kecentilan dengan Sasuke. Ya, itu benar, aku tidak membantahnya. Tapi… pernahkah kalian melihat gelagat Sasuke yang minta dilepaskan? Sasuke memang sering berkata “Lepaskan aku” atau “Jangan menggangguku”, TAPI kata-katanya berlawanan dengan bahasa tubuhnya.

Sasuke tidak pernah menepis saat Sakura memeluk lengannya. Bisa saja kan, kalau memang tidak suka ditempeli Sakura ya bisa saja dia melepaskannya. Tapi mengapa Sasuke tidak melakukan itu? Ia membiarkan Sakura memeluk tangannya sampai Sakura melepaskan pelukan dengan sendirinya. Ihir~ prikitiew…

Sasuke dapat mengerti Sakura.

Sasuke dapat mengerti Sakura dengan mudah seperti buku yang telah terbuka untuknya. Mengapa hanya Sasuke yang sadar keanehan Sakura di sini, sementara Naruto tidak? Diam-diam Sasuke perhatian ya XD

Sasuke menyemangati Sakura.

Kalau diingat dari karakternya yang pendiam dan cuek, ini sesuatu loh. Banyak yang mendebatkan Sasuke menyemangati Sakura semata agar tim mereka dapat lolos, karena bila satu gagal maka satu tim tak lulus. Tapi pada kenyataannya, Sasuke, Naruto dan Sakura sendiri belum tahu adanya peraturan tersebut. Mereka mengetahuinya setelah Kakashi memberitahu mereka setelahnya.

SasuSaku di Ujian Chuunin.

Ketika Sasuke baru terkena gigitan Orochimaru saat Ujian Chuunin, seketika Sasuke kesakitan. Sungguh adegan tangan SasuSaku yang saling menggenggam erat itu menyentuhku. Sakura menangis khawatir sekaligus menguatkan Sasuke, Sasuke yang kesakitan dan menggenggam tangan Sakura erat. Lihat deh panel yang digedein MK sendiri khusus buat tangan mereka yang saling genggam.

Ini salah satu scene yang… gimana ya jelasinnya. Kalau denger suara Sakura yang menguatkan Sasuke sambil nangis dan Sasukenya yang kesakitan itu sesuatu banget…

Sasuke sampai kehilangan kontrol karena ada yang menyakiti Sakura.

Chuunin exam. Saat Sasuke dan Naruto sudah terkapar menyisakan Sakura yang berjuang sendirian, Sakura sudah diambang kekalahan karena melawan tiga ninja lainnya yang kemampuannya berada di atasnya. Sakura sudah babak belur, sempat menangis juga saat menguatkan diri untuk menebas rambut panjangnya yang dijambak oleh musuh agar terbebas.

Sakura telah kehilangan rambut yang sengaja dipanjangkannya untuk Sasuke saat itu, karena setahu Sakura, Sasuke menyukai gadis yang berambut panjang. Tapi ini dunia shinobi, kawan. Kehidupan amatlah keras.

Tak lama kemudian, Sasuke tersadar dari pingsannya. Dirinya yang lemas, tiba-tiba terkejut saat mendapati keadaan Sakura yang sudah babak belur. Sharingan-nya aktif, segel kutukan Orochimaru pun ikut aktif. Aura jahat dan asing pun menyelubunginya.

“SIAPA YANG BERANI MEMBUATMU SEPERTI ITU, SAKURA?! SIAPA YANG MELAKUKANNYA!” teriak Sasuke marah.

Dan ketika salah satu ninja musuh berkata dengan nada meremehkan, “Aku yang melakukannya, kenapa, huh?”

Sasuke pun menyeringai, mematahkan kedua tangan orang itu setelah sebelumnya berkata, “Jadi ini tangan yang kaubanggakan?”—TRAK!

Lalu Sasuke berusaha membunuh dua musuh lainnya secara tak manusiawi. Sakura yang melihatnya, langsung berlari mendekati tubuh Sasuke dan memeluknya erat dari belakang, “Hentikan! Kumohon hentikan, Sasuke-kun!”

Seolah mendapatkan kembali dirinya, secara ajaib, segel kutukan yang menyebar di tubuh Sasuke pun memudar. Seakan menandakan kalau emosinya sudah terkontrol dengan baik karena gadis yang memeluknya dari belakang ini.

Tidakkah pembaca sadari ada sesuatu yang berlebihan di scene itu? Apa hayo? Yup, ini hints cukup mantep, ikatan SasuSaku di sini digambarkan terlalu kuat dan jelas. Sungguh terlalu kalau masih ada yang membantahnya.

Sakura mampu mengendalikan Sasuke yang sempat lepas kendali karena marah melihat keadaan Sakura yang sudah penuh luka. Apa ini masih bisa dibilang ikatan friendship? Kurasa pembaca juga tidak bodoh untuk menjawab pertanyaan tersebut :)

Sasuke protektif terhadap Sakura.

Ujian Chuunin adalah gudangnya. Tapi sebelum dan selagi melawan Haku, Sasuke tidak sekali meneriaki nama Sakura karena takut gadis itu kenapa-kenapa. Sisanya aku belum ingat.

Sasuke itu orangnya tidak pedulian. Tapi pengecualian untuk Sakura dan Naruto. Meski berkali-kali Sasuke direpoti Sakura, Sasuke akan selalu dan selalu melindungi gadis yang disukainya.

Sadar atau tidak, Sasuke sering mengambil posisi untuk melindungi Sakura. Aih, calon pacar yang protektif, bukan? :) #plak!

Gambar di atas : Sasuke yang sudah merasa diambang batasnya, dengan segala gengsi yang disingkirkannya, ia meminta Naruto untuk melindungi Sakura, apa pun yang terjadi. :)

Tarik lagi satu kesimpulan : Sasuke bukan sekedar peduli sebagai sesama tim, tapi juga protektif karena sesuatu yang lain.

Sedikit mirip ya, dengan ObitoRin.

Ada fakta lagi, waktu Sasuke terkena jutsu-nya Orochimaru yang menyebabkan kaki Sasuke tidak bisa bergerak. Di situ, Sasuke sedang berpikir keras, tapi ketika ia melihat beberapa kunai dilayangkan Orochimaru untuk menyelakai Sakura, tanpa fikir panjang pula Sasuke menusuk pahanya sendiri dengan kunai hingga terbebas dan langsung melompat untuk menggendong Sakura seperti pengantin. Tapi berhubung aku lupa episode berapa, gambarnya belum ada. Nanti ya aku ubek-ubek dulu foldernya, habis ratusan sih XD

Sakura berusaha melindungi Sasuke meski pun ia belum bisa apa-apa.

Gambar ini diambil ketika tim 7 melawan Gaara yang bermode Shukaku. Sasuke yang hampir terkapar, dilindungi oleh Sakura yang berdiri dengan culunnya di depan Gaara untuk memunggungi Sasuke.

Seorang gadis yang sering diolok-olok hater dengan kata-kata : cengeng, tidak berguna dan lain-lain, bisa se-berani ini. Ingat, Sakura bukan berasal dari keluarga ninja seperti Yamanaka atau Hyuuga. Jadi wajar saja pada saat itu belum ada hal yang bisa ia banggakan.

Sakura adalah salah satu orang yang berharga untuk Sasuke.

Namanya juga gadis biasa yang bukan keturunan ninja, wajar saja kalau Sakura kalah telak melawan Gaara dan Shukaku. Tapi saat melihat Sakura yang sudah celaka, Sasuke bangkit seraya berkata dalam hati, “Aku sudah pernah kehilangan orang-orang yang berharga dalam hidupku di depan mataku. Aku tidak ingin mengalaminya lagi.”

Memang, kalimat tersebut bukan hanya ditujukan kepada Sakura, tapi juga Naruto yang sudah dilumpuhkan oleh Gaara terlebih dahulu. Tapi ingat, Sasuke langsung bangkit ‘jeng-jeng-jeng’-nya waktu Sakura sudah celaka.

Sasuke pernah berbuat kasar dengan Sakura, itu hanya emosi sesaat.

Ada saat scene dikisahkan, pribadi Sasuke yang pendiam pada saat itu adalah efek dari pembantaian klan-nya, klan Uchiha. Sempat ada beberapa kilas balik yang memberitahu pembaca kalau Sasuke dulunya hanya seorang bocah biasa yang selalu menyayangi dan disayangi oleh Uchiha Itachi, kakaknya. Namun, suatu kenyataan pahit untuk diterimanya, bahwa ternyata kakaknya-lah yang membantai klannya sendiri hingga habis, menyisakan Sasuke seorang. Sejak saat itu, Sasuke bertekat untuk balas dendam pada Itachi dengan cara berusaha keras untuk menjadi kuat, agar bisa mengalahkan Itachi. Maka, Sasuke mulai mendingin kepribadiannya. Ia mulai diselimuti kegelapan.

Wkatu Sakura memberinya potongan buah-buahan di rumah sakit, Sasuke memang pernah menepisnya kasar hingga Naruto marah. Tapi, itu hanya efek karena Sasuke sedang emosi. Sasuke cemburu dengan Naruto, karena sebelumnya mendapati Itachi dan Kisame mengajak Naruto untuk bergabung di Akatsuki (sebenarnya dengan tujuan mengambil Kyuubi, tapi Naruto tidak tahu), bukan dirinya. Sasuke mulai berfikir Naruto sungguh-sungguh lebih kuat darinya sehingga kakaknya sendiri mengajak Naruto. Aku cuma HERAN kenapa bagian Sasuke menepis Sakura kasar itu dirayain haters habis-habisan. Kan sudah jelas, Sasuke seperti itu karena sedang dirundung masalah berat baginya.

Sasuke tidak sanggup menatap Sakura saat ia meninggalkan Konoha.

Kata orang, mata itu tidak bisa berbohong. Fakta itu sangat dibenarkan triliunan manusia di muka bumi ini. Dan ini salah satu contohnya.

Di malam kepergiannya meninggalkan Konoha karena ingin datang ke Orochimaru untuk meminta kekuatan, Sasuke bertemu Sakura di jalan, entah bagaimana caranya.

Di situ, bisa saja kan Sasuke menghilang secepat kilat meninggalkan Sakura—kalau ia mau. Tapi kenyatannya, Sasuke cukup lama berdiam diri untuk mendengarkan kata-kata Sakura.

Hingga mungkin akhirnya ia tidak tahan lagi saat mendengar Sakura menyatakan cinta padanya, Sasuke segera menguatkan diri untuk memasang raut wajah sombong agar Sakura berhenti menghalanginya.

Tapi akhirnya, Sasuke berterima kasih pada Sakura dengan cara berdiri di belakang gadis itu. Kalau ada yang perhatikan, mengapa Sasuke sempat menggigit bibirnya sendiri terlebih dahulu sebelum berucap ‘terimakasih’? Jelas, kan, kalau Sasuke tidak sanggup menatap Sakura?

Dan akhirnya Sakura dibuat pingsan dan ditinggalkan di atas bangku di dekat situ. Ehem, kalau ada yang merhatiin pose Sakura di atas bangku itu pasti menyadari kejanggalan. Lihat tangan kiri Sakura kok bisa ada di situ?

Ehem, ehem #keselek. Adegan pingsannya Sakura itu kan disembunyikan oleh MK. Banyak doujinshi tentang scene tersebut setelahnya. Salah satu doujinshi yang paling masuk akal adalah yang ini ^_^

So sweet dan sakit ya?

Sakura bertekat menjadi kuat karena Sasuke.

Sakura sangat sedih ketika Sasuke benar-benar pergi. Dirinya yang tidak memiliki kemampuan apa-apa, meminta Tsunade-sama untuk membimbingnya, agar ia bisa mengejar Sasuke tanpa perlu merepotkan Naruto terus menerus. Karena Sasuke-lah, Sakura bertekat untuk menjadi lebih kuat.

Banyak orang berpikir cinta Sakura pada Sasuke hanya sebuah ‘fangirl-things‘, tapi haters tidak bisa melihat Sakura tumbuh menjadi dewasa karena Sasuke. Sakura menjadi kuat dan berhenti bertingkah seperti seorang fangirl karena cinta yang Sakura miliki juga tumbuh.

Sasuke tidak benar-benar berniat membunuh Sakura.

Hah! Episode 212 sampai 214 itu memang senjata yang haters kira ampuh untuk menyarang habis-habisan SSL karena terdapat adegan SasuSaku yang mencoba untuk saling membunuh.

Tapi pada kenyataannya, mereka sama-sama gagal, bukan?

Sakura menangis karena tak sanggup membunuh Sasuke.

Sasuke matanya sakit secara fisik mau pun batin.

Seorang Uchiha Sasuke tidak bisa diragukan dalam hal bunuh-membunuh. Apa lagi kalau cuma seorang kunoichi seperti Sakura, itu hanya hal seujung kuku untuk Sasuke, kecil! Permasalahannya, ia mau membunuh Sakura sungguhan atau tidak? Logikanya, kalau memang Sasuke berniat mau bunuh Sakura, ngapain bertele-tele segala? Bisa aja kan dia pakai tembakan chidori dari jauh—seperti yang ia gunakan untuk mencoba membunuh Karin?

Kenapa Sasuke berlama-lama berdiri di belakang Sakura, apa Sasuke menunggu waktu yang tepat karena tahu chakra Kakashi mendekat? Agar Sakura selamat dari kepura-puraan Sasuke untuk membunuhnya?

Sementara Kakashi dan Sasuke bertarung, Sakura sedang mencoba menyembuhkan Karin yang sekarat karena dadanya tertembus tembakan chidori Sasuke. Di situ Sakura terlihat sedih karena menemukan Sasuke yang benar-benar berubah dari Sasuke yang dulu. Karin sampai ikut menangis karena melihat wajah Sakura yang teramat sedih.

Setelah selesai menyembuhkan Karin, Karin memberitahu Sakura kalau chakra Sasuke sudah dingin. Teramat dingin hingga tidak dapat dikenali lagi. Sakura pun langsung pergi menghampiri Sasuke dan Kakashi yang tengah sengit.

Sasuke sudah menggunakan matanya hampir overload untuk menghabisi Danzo. Sebelum pergi membawa mayat Danzo, Tobi juga sempat menyarankan Sasuke untuk kembali ke markas dengan segera karena matanya mulai tidak beres, lihat aja sampai berdarah tuh. Tapi, Sasuke malah bertahan di sana lebih lama setelah Sakura datang menghampirinya.

Akibatnya, setelah berpura-pura akan menyelakai Sakura yang sudah ia duga akan terselamatkan oleh Kakashi. Sasuke kembali menggunakan matanya, menyombongkan diri kalau ia sudah bisa menciptakan susano’o pada Kakashi yang notabene adalah orang di luar klan Uchiha yang memiliki sharingan. Jadilah Sasuke habiskan banyak chakra-nya waktu itu.

Sakura datang di saat waktu yang tepat. Karena Sasuke sedang merintih kesakitan karena matanya sakit sekali, pandangannya buram berbayang dan sudah mulai menunjukan tanda-tanda kerusakan fatal. Harusnya, kondisi Sasuke yang seperti itu adalah keberuntungan untuk Sakura yang memang bertujuan membunuh Sasuke demi Konoha.

Tapi setelah menodongkan kunai di belakang punggung Sasuke, Sakura terdiam dan tertunduk. Ia menangis mengingat masa lalu mereka yang dahulunya saling melindungi tapi sekarang saling membunuh.

Karena Sasuke yang pada saat itu sedang ‘buta’ karena pandangannya memburuk, saat ia merasakan adanya ancaman di belakangnya, Sasuke reflek berbalik, merebut kunai di tangan Sakura dan mencekik gadis itu dan bersiap melayangkan kunai tersebut ke arah Sakura.

Tapi untunglah, Naruto datang. Bisa kita lihat, di situ Sasuke yang mungkin pandangannya sedikit membaik terlihat sangat terkejut.

Dan ketika benar-benar menyadari siapa yang baru saja hampir mati di tangannya, Sasuke terlihat amat menyesal walau sesaat.

Setelah itu ekspresi Sasuke kembali mendingin. Wajar kan, dia sedang di selimuti kegelapan. Yang jelas potongan gambar di atas itu sudah memberikan keterangan bahwa ‘topeng’ Uchiha Sasuke sempat ‘bocor’. Jadilah seperti itu.

Bisa kita tarik kesimpulan, bahwa Sasuke tidak benar-benar ingin membunuh Sakura.

Sakura sudah melihat dan mengetahui serperti apa Sasuke yang sekarang, dan Sakura tetap mencintai Sasuke bahkan termasuk semua kegelapan yang menyelimuti pemuda itu. Sakura ingin menyelamatkan Sasuke dari dendamnya. Perasaan cinta yang dimiliki gadis ini kepada Sasuke itu nyata, tulus dan tidak pernah egois.

Masih belum percaya kalau SasuSaku saling menyukai? Baiklah, perhatikan cover manga Naruto chapter 363 ini. The Death of Sasuke.

HE THREW AWAY HIS LOVE, HIS FRIENDS, AND HIS VILLAGE. ALL THAT REMAINS IS HIS NAME, AND HIS REASONS” –Masashi Kishimoto about Uchiha Sasuke. Menurut kalian, siapa yang dimaksud Masashi Kishimoto ‘His Love’-nya Sasuke? Satu-satunya gadis yang dekat dengan Sasuke di Konoha itu Haruno Sakura, bukan? :) Sudah jelas kan SasuSaku saling mencintai?

Apa? Masih kurang juga?

Baiklah, silakan cek Databook’s Uchiha Sasuke 2 yang tentunya ditulis oleh MK sendiri, bahwa :

“The one that filled Sasuke’s lonely existence was Sakura. But he cannot let her in.”

Kurasa sekarang sudah jelas, sungguh keterlaluan jika masih ada yang membantah.

Untuk tambahan biar afdol, mari kita ubek manga Naruto chapter 619.

2 quotes di bawah ini adalah penjelasan Tobirama tentang Uchiha kepada Sasuke.

“Ketika seorang Uchiha yang telah tahu tentang cinta, kehilang kasih sayang akan membut hal tersebut berubah menjadi kebencian yang lebih kuat dan mengubah orang itu sendiri. Ketika seorang Uchiha menderita karena kehilangan orang yang dicintainya atau keputusasaan, chakra spesial menyerbar di dalam otaknya yang mempengaruhi syaraf optik yang menghasilkan perubahan di mata mereka. Itulah mata yang menggambarkan perasaan, Sharingan.”

“They have the eye that reflects their feelings.”

Sekarang, ingat kembali apa yang sudah kamu baca sejak awal di essay ini. Sudah bisa disambungkan semuanya? That’s right! Masih berpikir ikatan SasuSaku itu kategori friendship? Nggak kan?

Itulah kenapa aku semakin tergila-gila dengan pairing ini. Mereka membuat penggemarnya tersenyum, senang, gemas, galau, gigit jari bahkan sampai nangis. Dengan hebatnya pula kedua character ini membuat penggemarnya terus berdoa untuk kebahagiaan keduanya. Padahal kan mereka cuma character fiksi, hanya karangan, hihihi. Hayo ngaku deh yang SSL pasti begitu kan? :) Cinta keduanya rumit, bukan sembarang picisan yang bisa kencan kapan aja. Jalan mereka tidak mudah. Mudah-mudahan MK memberikan ending yang baik untuk keduanya. *tuh kan aku keceplosan doain mereka lagi*

Aku pun nggak nyangkal kalau ada hints NaruSaku dan SasuKarin. Tapi sekali lagi, SasuSaku bukan one-sided. Naruto punya Hinata yang sayang padanya dan teman-teman yang ia percaya. Sasuke cuma punya Sakura dan Karin (tapi terakhir kan Karin sudah menyerah dan kecewa dengan Sasuke yang mencoba membunuhnya tanpa keraguan), Sakura sendiri tetap mencintai Sasuke walau pun Sasuke pernah mencoba untuk membunuhnya.

Jadi menurutku, agak sayang aja kalau yang bukan one-sided, seperti SasuSaku malah nggak jadi.

Demikianlah penjelasanku, mengapa aku mendukung SasuSaku, karena itu mohon pengertianya untuk berhenti berkata yang tidak-tidak tentang pair yang kusukai ini. Tidakkah kalian kasihan dengan keduanya yang tak kunjung bersatu padahal saling menyayangi? Jadi, kepada haters-tachisan sekalian yang masih punya hati, sekali lagi dimohon pengertiannya.

Terimakasih karena telah menyempatkan diri untuk membaca artikel ini :) Mohon maaf kalau ada kata-kata yang menyinggung. Bagaimana pun aku hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan.

Baginilah akhir dari artikel sederhanaku, sekitar 2700words. Maaf kalau berantakan, namanya saya pemula di dunia tulis menulis, hehe. Kalau ada yang berniat membantuku untuk merapihkannya, silakan email aku ya, ke sevalinka11@hotmail.com :) artikel ini juga akan kuapdet/edit. Soalnya belum semua hints lengkap di sini. Ini baru yang kuinget-inget aja. Heheu.

Credits & SourceSasuSaku Lovers, Kira Desuke‘s analysis, Winterblossom.org, tumblr, google, netbook-ku beserta folder-foldernya yang berisi file-file Naruto baik itu mkv, flv, mp4 dan 3gp pun ada XD

43 responses to “(Essay SasuSaku Indonesia) Alasan Mengapa Aku Mendukung SasuSaku

  1. Whaaooo….sesuatu analisa yg hebat dari pengamatan yg cerdas juga, dan mudah2 mk memang memberikan kebahagiaan untk sasusaku nanti haha^^ yups di karya2mu selanjutnya kuromi ^-^

  2. TFF UchihHaruno

    The death of Sasuke ?! :'(
    Apakah itu beneran ada bukuny T.T

  3. Ya ampun mpe speechless bacanya. Keren banget tulisanmu ini Kuromi. Setuju semuanya. Justru karena beragam kesulitan hubungan mereka itu aku pribadi makin cinta ama SasuSaku, gak diragukan lagi mereka emang the best pairing deh. Dan sepanjang aq ikuti cerita naruto MK ga pernah buat adegan gak berguna. Pastinya semua beralasan. Makanya pasti diakhir akan ada hint sasusaku. Dan semoga aja MK benar-benar menyatukan mereka. Anggap sebagai hadiah untuk sasuke yg selama ini dh kehilangan banyak hal dan sakura atas penantian cintanya.

    Soal haters, emang nyebelin sih mereka. Aku juga kadang ga terima pernyataan mereka yang ga masuk akal dan tak mendasar. Dasar payah aj tuh mereka , ga bisa liat fakta.

  4. Kuromi, Aya speechless sekali baca postinganmu ini… T-T hubungan SasuSaku itu memang kelewat implisit. Tapi aku rasa MK berperan besar dalam penciptaan hints mereka yang selalu ga terduga. Ngerasa janggal ga sih, kenapa waktu Sasuke ninggalin Konoha orang pertama yang ditemuinya di gerbang adalah Sakura, dan kenapa saat penggrebekan markas Orochimaru cuma Sakura yang saat itu ga diserang chidori Sasuke.
    Semuanya waktu itu kesetrum baik Sai, Yamato, maupun Naruto. Hanya Sakura seorang yang gak dia apa-apain.

    Dan lagi-lagi, Sakura adalah orang pertama yang menemukan Sasuke dibanding tim tujuh pasca pembunuhan Danzo. Jelas-jelas MK udah menakdirkan mereka untuk saling ketemu. Kalo di RL mah ini namanya jodoh. Kalo jodoh kan pasti ketemu lagi tuh XD hahah

    Pola pikir SasuSaku juga sama menurutku, karena MK nunjukin ini jelas lewat dialog Sai yang bilang, “Karena cintanya yang dalam, dia tidak bisa melihat Sasuke semakin terjerumus. Karena cintanya yang dalam, dia ingin menyelamatkan Sasuke dari jalan kegelapan. Walaupun itu berarti membunuh orang yang ia cintai dengan tangannya sendiri, semua itu adalah keputusannya. Karena gadis itu hanya mencintai Sasuke seorang.” ini terlihat ironis juga kan dengan kondisi Sasuke yang berniat membunuh Sakura waktu itu… :’)
    yah walaupun Aya juga percaya sebenarnya Sasuke itu cuma ngegertak Sakura doang biar dia berhenti nyakitin diri sendiri demi mencintai nuke-nin semacem dirinya. Kurang gentle apa coba laki kaya gitu :( karena cinta sejati itu kan gak harus saling memiliki, Sasuke ingin Sakura berhenti nangis demi dirinya, dia pengen Sakura bahagia di Konoha, bukannya membawa ikut serta untuk sama-sama terjun ke kegelapan. Sasuke itu gak egois sama Sakura, dia justru lebih egois sama perasaannya sendiri. Huhuhuu gue banyak bacot nih T.T *digampar Kuromi*

    Hidup SASUSAKU!!!

  5. putri monoarfa

    nyesek banget bacanya, sayang aku bacanya di warnet, jdi agak gengsi baut nangis.. tpi… mataku udah berkaca-kaca nih…
    i love them… so much! this angsty couple is really something, rite? hope they can be together

  6. shinoichi

    tanpa baca artikel ini gw juga udah tau sasusaku saling suka. tapi kasiannya sakura. sasuke itu bejat dan jangan remehkan keberadaan karin

  7. essay kak Kuromi rapi ^^ enak ngebacanya :3

  8. kuta

    Iya aku juga setuju bgt, memangsih terlihat kalau sejak awal itu sasuke memang menganggap sakura sama saja seperti gadis lainnya,tapi kalau di perhatikan lebih jelas lg yg dibalik sikap sok cueknya itu, maka telihat kalau sebenar nya selama ini sasuke juga peduli pada sakura walaupun secara tidak langsung. Aku adalah salah satu penggemar SasuSasku moga aja endingnya mereka bisa bersatu :D

  9. Eguchi Kimizaky

    Anda begitu genius :)
    bisa menemukan seluruh rahasia dibalik Sasusaku..
    Saya sangat menghargai kerja anda..?dan jika saya MK saya mungkin akan memberikan penghargaan untuk anda yang begitu baik berjuang keras meredakan olokan haters,terimakasih

    Semangat SASUSAKU!!

  10. nice info :D
    sasusaku emang pairing paling greget >o<
    no coment lah buat haters.
    ditunggu info berikutnya !!
    yosh ganbatte :)

  11. kyosuke

    ah………
    Sasusaku paling top deh…….
    Emang sih banyak tmanku yg ga suka sasusaku.
    Katanya sakura tuh cengenglah,egois dan blablbabla.
    Tpi mreka tidak melihat secara terperinci..
    Huft…………
    Moga happy ending(nih…..didoain lagi).
    Hahahahha..(cengengesan)..
    :p

  12. tisa

    ditunggu artikel ttg sakura ya!

  13. kimjoohyun6

    Iya bener banget. Aku udah cinta mati deh ama nie pariring. SasuSaku the best deh. Bang MK kayaknya suka banget bikin kisah cinta rumit kayak gini yak? XD

  14. Hm…. Saya bingung mau mengatakan apa *berfikir* saya memang terlalu fokus sama naruhina, tapi saya bukan pembenci sasusaku, dan setelah saya baca ini, saya sadar… Bahwa memang inilah cinta sejati, pairing-pairing yang dibuat oleh MK itu benar-benar masih tanda tanya, bikin greget, bingung, kesal, senang, dan sedih, hehehe… Saya minta maaf meski saya bukan SSL, tapi saya mengerti tentang prasaan kalian karena saya juga mungkin berada diposisi kalian.
    Yap… Untuk itulah kita lihat perkembangan ending dari anime naruto ini, sad endingkah atau happy endingkah? Kita tidak tau, ya.. Tergantung MK-sensei :D

    yosh.. Salam naruto lovers semua

  15. Woow,SasuSaku ternyata bener2 ƍäª One-Sided Love. I Like It !!

  16. Dedi

    Setuju.. Semua fakta td yg aku baca pas bgt..dan kena bget sasusakunya.. Apalagi sikap sasuke yg diam and fullscreet.. Membuat sakura bertanya.. Tp dia setia nunggu sasuke.. Md2han mk mempersatukan mereka..

  17. sasusaku lover 4ever

    sweet bget..
    really like this

  18. aku bener2 suka essay mu, selalu ngebuat aku gak putus ngeharepin sasusaku jadi canon..
    aku setuju semua opini mu, banget! kalau mau nambahin, aku juga punya opini..
    SASUKE SELALU MANGGIL “sakura…” setiap mereka bertemu.. seperti pertama bertemu setelah 3 tahun di markas orochimaru, di jembatan habis bunuh danzo, atau yang terakhir chapter 631 dimana tim 7 gabung kembali.. yang lain seperti naruto atau kakashi biasa aja.. Apalagi chapter 631 dimana pas sasuke baru aja datang, sakura bilang “sasuke-kun” and naruto jg bilang sesuatu, tapi ia cuma nyapa sakura dengan “sakura..”
    so sweet! ^_^
    dan SASUKE CUMA TERBUKA DENGAN SAKURA.. jika diperhatikan, setiap sasuke punya tujuan lain, sakura menjadi orang yang pertama kali diberi tahu sasuke! misalnya pas test ngambill lonceng dari kakashi, sasuke nyuruh sasuke gak perlu banyak kerja keras, namun sasuke menolak dan tanpa ditanya ia ngomong ia pengen kuat karena ingin membalas perbuatan seseorang.. pas ujian chunin setelah orochimaru nyerang, sakura orang yang satu2nya pertama tahu tentang gigitan kutukan orochi dan sasuke gak pengen siapapun tahu kecuali sakura.. hohoho.. :D
    pas di jembatan setelah bunuh danzo, lagi2 tanpa ditanya sasuke bilang ke sakura jika ia pengen menghancurkan konoha dan ia orang konoha pertama yang diberi tahu! (anggota tim hebi jelas lebih tahu duluan).. yang terakhir cahpter 631, pas sasuke datang ia ditanya kiba sedang apa disini, sasuke gak langsung jawab.. namun pas sakura tanya gitu, sasuke langsung ngejawab dan ngutarain tujuan berikutnya (jadi hokage).. kiba ada disamping sasuke, sakura ada dibelakang dengan naruto lagi duduk, dan sasuke ngehadap sakura pas bilang itu!!
    oke sepertinya aku alay kebanyakan komen nya.. dan makasih udah buat essay sebagus ini.. ;D

  19. kyaaaaaaaa!!!! Daebak banget artikelnya. Jd makin cinta deh ma sasusaku. Oh iya, aku boleh tnya? Ep brpa sih pas saku ngelindungi sasu yg mpe motong rambutnya dan pas kepergian sasuke? Aku lupa ep brpa dan kali ini pngn nton lgi T.T tlong jawab ya~ maaf ngerepotin. Dan artikel ini mungkin sukses membuka mata para haters hahahaha

    Sebelumnya, demo arigatougozaimsu~

  20. Huuaaa
    sy juga fans nya sasusaku
    bner banget tuh, sy fikir sendiri tergila gila, hehe
    ya sy berharap sasusaku dapet ending yg bagus dari MK, sy jga udah yakin dari awal karna
    sasusaku udah melewati banyk hal bersama,,sy jga gk setuju sama pair narusaku, sasusaku lebih cocok karna saling melengkapi, so
    mari kita simpulkan
    BUAT APA ADA SASUKE KALO GK ADA SAKURA?
    Iya kann

  21. Dhinda Viergo

    Hebattt….aku setuju banget…aku kan SSL sejateeee……thanx infonya…makin cinta ama sasusaku

  22. ulfa

    uhh…keren banget essaynya,,,tadi ku habis baca naruto chaptr 631, disitu minato lihat sakura dan langsung mengira naruto pacarnya sakura,dan minato mengingat kushina yang mirip dengan sakura, dan yang lebih parahnya dia menitipkan naruto ma sakura apa maksudnya MK,,,aku TIDAK terima kalau naruto ma sakura,,,,mohon komentx dari kalian semua

  23. iya aku juga tergila – gila sama pair ini X’D
    awalnya aku down gara2 narusaku ada dimana2 :( tapi pas udah baca artikel ini, semangat ku jadi bener bener naik X’D

    HIDUP SASUSAKU XD XD !!!!

  24. Izin reblog ya :D
    Oh iya, aku sering banget lho baca ff kamu di Fanfiction.net
    bagus-bagus banget, apalagi yang beautiful target itu.
    oh ya kamu juga suka sasukarin ya? soalnya kan ada tuh ffmu yang judulnya jalan kedua? sasukarin kan? aku gak baca itu sih, habis gak suka/plak
    maaf ya gak pernah komen, habis gak pnya akun ffnet

    Jujuur baca artikelmu bikin hatiku tersentuh plus semangatku bangkit lagi, jujur aku gak pernah ngeidolain pair anime sampai segininya, kalau kita fikir mereka kan cuma fiksi, buatan manusia? tapi kenapa kalau sasusaku kita seolah menginginkan mereka terus bersama? itu karena feel mereka kerasa banget, hubungan keduanya rumit dan penuh rintangan, MK juga kayaknya suka sama pairing ini :D
    aku yakin suatu saat nanti endingnya mereka pasti bersatu
    karena seperti yang kamu bilang sayang banget lhoo kalau pair ini gak jadi canon :D

    oh ya kalau boleh tahu itu bagian sakura ngomong sama temen-temennya kalau dia lagi jatuh cinta episode berapa?
    maaf ya kalau negerepotin :D

  25. kuta

    Aku setuju bangeett sakura itu memang cocok buat sasuke seorang :D hidup sasusaku :D

  26. kuta

    Sumpah aku terharu bgt bacanya, sasusaku memang gak ada dua nya T..T apa pun yg terjadi mereka harus bersatu pokoknya, udah cukup banyak bukti yg menyatakan bahwa mereka saling menyayangi :'(((

  27. firza

    bagus juga biasanya kan pas sasuke sebelum meninggalkan desa waktu tim 7 berkumpul pasti sasuke dan sakura datang duluan sambil menunggu naruto dan kakasi mereka ngapain ya

  28. aku juga setuju yay hidup sasusaku !!! TAPI AWAS AJA KALO SASUKE PURA2 MIHAK TIM 7 LAGI *ambil golok *

  29. Fakta yang luar biasa. biar pada keculek mata mereka (haters) saat baca artikel ini. Dattebayo!!! hidup NaruHina and SasuSaku!!!

  30. gbydynt

    faktanya keren!!! ada tambahan nih, episode 306 waktu yang cerita mata hinata sakit, terus malamnya kan ada kembang api tu, saat itu naruto , sakura, dan sasuke bertiga menyaksikan kembang api, cobal lihat sakura yang mendekati sasuke diam saja, eh pas naruto yang nempel2 langsung didorong sama sasuke hhe :)

  31. SPEEECHLESS! gak bisa berkata apa-apa lagi. pas baca artikel ini dari awal sampai akhir cuman bisa senyam-senyum girang sekaligus terselip rasa sedih juga kalo ngebayanging kisah cinta mereka yang supeeeerrr rumit! oke, sebagai SSL saya sangat senang banget baca artikel ini. semoga mata dan hati para haters kebuka, dan mereka berhenti mencela Sakura-chan. ugh!
    saya suka artikel mu, Aikuromi-san!

    LONGLIFE SASUSAKU!!! semoga happy ending :)

  32. ice

    Huwaaaaaaa… Suka bngettt sama essay kmu iniiii… Aq mkin cinta aja sama couple ini..
    Semoga mereka akhirnya bersatuuuu.. Ya Tuhan.. Couple ini bikin aq geregetan *gigit jari
    :D

  33. pengamatan yang cerdas benar benar jeli .

  34. Lia Novianti

    setuju bgts dech….memang terkadang kita yg menonton senang,sedih,terharu sampai gigit jari

    tapi aku sedih saat sasuke dan sakura saling membunuh,tapi keliatan jg dari ekspresi wajah mereka masing2
    aku menonton episode itu jujur sampai nangis….(lebayyy….) sampai dah selesai nonton’y terbayang2 gto

    tapi aku ttp mendukung sasusaku karena mereka berdua cocok sekali??? Walaupun ini cmn karakter fiksi belaka ttp aku dukung mereka
    semoga aja MK memberikan ending yg bgs bagi mereka agar bisa bersama Aaaammmiiinnn……

  35. Sampe ngga bisa ngomong apa2 lagii. Kayaknya hampir setiap minggu dari 2013 aku ngga pernah absen buat baca essay kamu yang kereeenn banget dan bener2 ngewakilin perasaan para S-Savers ini. Bahkan aku sampe ngasih liat ke temen2 dan maksa mereka buat baca saking senengnya ahahah XD

    Jujur aku ngga pernah ngeship pairing sampe segininya, apalagi ini cuma tokoh fiktif belaka yang bisa dibilang ngga penting sama sekali.
    Tapi lain cerita kalo udah menyangkut SasuSaku. Kisah mereka dibuat sedemikian rupa, se ‘angst’ mungkin oleh MK, dan itu ngga bisa dianggap remeh. Bahkan sekalipun Naruto ini bukan cerita tentang cinta kaya manga shouju, banyak yang suka dan jatuh cinta sama pairing ini, termasuk aku^^

    Dan, aku mau bantu kamu melengkapi essay ini hehe^^ banyak moment mereka di perang dunia yang sekarang. Sama moment dan analisa yang aku dapet dari episode sebelum2nya baik itu Naruto atau Naruto Shippuden :D

    Ditunggu update nya yaa. Semangat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: